Monday, August 3, 2020

Pola Makan Diabetes Melitus



            Tujuan utama dari pola makan yang sesuai bagi pasien dengan Diabetes Melitus adalah mengendalikan kadar gula darah agar tetap berada diantara nilai-nilai normal.
Dasar terapi diet pada Diabetes Melitus adalah memberikan kalori yang cukup dan komposisi yang memadai, dengan memperhatikan:
  1. Jumlah makanan harus disesuaikan dengan jumlah kalori yang dibutuhkan setiap harinya. Kebutuhan ini ditentukan secara individual berdasarkan berat badan, Jenis kelamin, usia, cara hidup atau kegiatan pekerjaan. 
  2. Jadwal makan atau frekuensi makan.Pembagian berdasarkan jumlah kalori yang dibutuhkan ini, dilakukan dengan tujuan untuk membagi secara merata pemasukan kalori sepanjang harinya, sehingga dapat menghindari kenaikan kadar gula darah yang terlalu tinggi. 
  3. Jenis makanan atau komposisi diet yang dianjurkan bagi penderita Diabetes Melitus, hendaknya tersusun dari karbohidrat, protein dan lemak, yang masing-masing jumlahnya ditentukan sebagi berikut : 
  • Karbohidrat merupakan komponen-komponen terbesar, yaitu mencapai 68 % dari total kalori yang dibutuhkan setiap harinya. Jenis karbohidrat yang dianjurkan terutama adalah polisakarida, misalnya pati gandum (roti, bakmi, dan makaroni), nasi, kentang, ubi dan jagung sebagaian kecil (5% kalori), boleh diberikan dalam bentuk mono atau disakarida, misalnya glukosa, fruktosa atau gula pasir dalam bentuk jam/selesai manis atau buah yang matang 
  • Protein dicadangkan 12% dari total kalori. Protein hewani, terutama diperoleh dari daging dan putih telur, sedangkan protein nabati dapat diperoleh dari kacang-kacangan. Pada beberapa orang misalnya pada orang yang kurus, anak pada fase pertumbuhan, patah tulang, infeksi atau pasca bedah, dan menyusui, diperlukan protein dalam jumlah yang lebih banyak, yaitu mencapai 20% dari total kalori. Sehingga dengan demikian, karbohidrat dapat dikurangi.
  • Lemak diperlukan sebanyak 20% dari total kalori, lemak tersebut sebaiknya diambil dari minyak nabati dan sedikit dari lemak hewani, kolesterol kurang dari 300 mg/hari 
  • Dianjurkan bagi para penderita Diabetes Melitus, agar setiap harinya mengkonsumsi 60% gram, serat-serat gizi yang dapat diperoleh dari 350 gram sayur-sayuran dan kacang-kacangan. Serat-serat gizi berguna dalam regulasi kadar gula darah.

No comments:

Post a Comment