Monday, July 13, 2020

apa yang dimaksud dengan PATOLOGI?

PATOLOGI


Patologi :  Ilmu yang mengenai penyakit dan proses-proses
penyakit.

Patologi : Ilmu pengetahuan tentang penyakit, khususnya  yang berhubungan dengan perobahan  dalam jaringan yang terjadi akibat  penyakit.

Patogen : 
Bersifat menimbulkan penyakit. Biasanya istilah digunakan untuk suatu mikroorganisme., misalnya kuman patogen à kuman yang dapat menyebabkan penyakit (keganasan kuman, atau faktor daya tahan tubuh)
Karsinogen à Semua zat/bahan yang merupakan faktor penyebab/penyebab terjadinya kanker/keganasan. Tingkat keganasan dinyatakan : Jinak (benigna) dan  ganas (maligna).


Patogenesis         : Asal mula dan perjalanan suatu penyakit.
Patofisologi        : Perjalanan penyakit - lebih terkait dengan
perobahan/gangguan fisologis/fungsi rubuh, misalnya penurunan cardiac output sebagai akibat ketidakmampuan jantung berkontraksi maksimal.

Patogenik :
Bersifat menimbulkan penyakit. - Kardiogenik syok : Syok yang disebabkan oleh karena ketidakmampuan jantung memompa darah secara adekuat, sehingga volume darah dalam pembuluh darah menurun dan menyebabkan kehilangan/penurunan kesadaran.

Kelainan dalam tubuh : organ, jaringan, sel-sel dan cairan tubuh - manifestasi dari proses penyakit.

Perubahan patologis dapat berbeda-beda pada masing-masing kasus - terjadi perubahan  anatomi, histologik, sitologik, dan biokimia yang ditimbulkan karena penyakit.

Pemeriksaan patologis - Pemeriksaan berupa bahan atau jaringan guna membantu menentukan penyakit seseorang, misalnya pemeriksaan cairan tubuh, jaringan, darah, tinja, dahak, dsb. - dapat menentukan penyebab atau jenis penyakitnya.


No comments:

Post a Comment